Kamis, 04 Agustus 2011

SP HALUSINASI

Orientasi:

· Assalamualaikum Bpk/Ibu. Saya perawat yang akan merawat Bpk/Ibu. Nama Saya ..., senang dipanggil... i. Nama Bpk/Ibu siapa? Senang dipanggil apa?

· Bagaimana perasaan Bpk/Ibu hari ini? Apa keluhan Bpk/Ibu saat ini?

· Baiklah, bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang suara yang selama ini Bpk/Ibu dengar tetapi tak tampak ujudnya? Di mana kita duduk? Di ruang tamu? Berapa lama? Bagaimana kalau .. menit?

Kerja:

· Apakah Bpk/Ibu mendengar suara tanpa ada ujudnya? Apakah terus-menerus terdengar atar sewaktu-waktu? Kapan yang paling sering Bpk/Ibu dengar suara? Berapa kali sehari Bpk/Ibu alami? Pada keadaan apa suara itu terdengar? Apakah pada waktu sendiri? Apa yang Bpk/Ibu rasakan pada saat mendengar suara itu? Dan apa yang Bpk/Ibu rasakan pada saat mendengar suara itu? Dan apa yang Bpk/Ibu lakukan? Apakah dengan cara itu suara-suara itu hilang? Bagaimana kalau kita belajar cara-cara untuk mencegah suara-suara itu muncul?

Terminasi:

· Bagaimana perasaan Bpk/Ibu setelah kita bercakap-cakap?

· Jadi suara-suara itu mengejek Bpk/Ibu, terus-menerus terjadi dan terutama kalau sendiri dan Bpk/Ibu merasa kesal.

· Baik Bpk/Ibu sebelum kita ketemu dua hari lagi, coba perhatikan pakah suara-suara itu masih terjadi!

· Dua hari lagi kita mulai latihan cara-cara mencegah suara-suara itu muncul. Mau jam berapa? Bagaimana kalau seperti saat ini,jpukul 10.00? Sampai jumpa. Wassalammualaikum.

Tidak ada komentar: