Kamis, 04 Agustus 2011

SP PERILAKU KEKERASAN

ORIENTASI:

“Assalamualaikum pak, perkenalkan nama saya..,panggil saya ..., mahasiswa dari.... Saya yang akan merawat bapak hari ini. Nama bapak siapa, senangnya dipanggil apa?”

“Bagaimana perasaan bapak saat ini?, Masih ada perasaan kesal atau marah?”

“Baiklah kita akan berbincang-bincang sekarang tentang penyebab bapak marah”

“Berapa lama bapak mau kita berbincang-bincang?”

“Dimana enaknya kita duduk untuk berbincang-bincang, pak?”

KERJA:

“Apa yang menyebabkan bapak marah?, Apakah sebelumnya bapak pernah marah? Terus, penyebabnya apa? Samakah dengan yang sekarang?. O..iya, jadi ada 2 penyebab marah bapak" pada saat penyebab marah itu ada, seperti bapak pulang kerumah dan istri belum menyediakan makanan, apa yang bapak rasakan?” (tunggu respons pasien)

"Apakah bapak merasakan kesal kemudian dada bapak berdebar-debar, mata melotot, rahang terkatup rapat, dan tangan mengepal?”

“Setelah itu apa yang bapak lakukan? O..iya, jadi bapak memukul istri bapak dan memecahkan piring, apakah dengan cara ini makanan terhidang? Iya, tentu tidak. Apa kerugian cara yang bapak lakukan? Betul, istri jadi sakit dan takut, piring-piring pecah. Menurut bapak adakah cara lain yang lebih baik? Maukah bapak belajar cara mengungkapkan kemarahan dengan baik tanpa menimbulkan kerugian?”

TERMINASI

“Bagaimana perasaan bapak setelah berbincang-bincang tentang kemarahan bapak?”

”Iya jadi ada 2 penyebab bapak marah ........ (sebutkan) dan yang bapak rasakan ........ (sebutkan) dan yang bapak lakukan ....... (sebutkan) serta akibatnya ......... (sebutkan)

”Coba selama saya tidak ada, ingat-ingat lagi penyebab marah bapak yang lalu, apa yang bapak lakukan kalau marah yang belum kita bahas”

”Baik, kita ketemu besok, kita bahas cara marah yang baik agar tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan. Mau pukul berapa ketemunya? Baik, pukul 9 lagi ya. Sampai jumpa

Tidak ada komentar: