Kamis, 04 Agustus 2011

sp. perkenalan

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP.PERKENALAN)

A. PROSES KEPERAWATAN

1. Kondisi klien : DS :

DO:

2. Diagnosa keperawatan:

3. Tujuan khusus: terbina hubungan saling percaya

4. Tindakan keperawatan

- Salam terapeutik, berjabat tangan sambil menyebutkan nama

- Perkenalkan diri dengan sopan

- Tanyakan nama lengkap

- Jelaskan tujuan interaksi (pertemuan)

- Tunjukan sikap empati dan mau menerima klien apa adanya

B. STRATEGI KOMUNIKASI DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN

1. Salam Terapeutik

Selamat pagi bu/pak….. Perkenalkan nama saya ................ biasa di panggil ...... saya mahasiswa ............ yang akan merawat bpk/ibu di sini selama .. hari, nama ibu / bapak siapa senang dipanggil apa?

2. Kontrak: bagaimana kalau kita berbincang-bincang tentang masalah yang bapak/ ibu alami, mau brapa lama?, senangnya dimana kita berbincang-bincang?

3. Evaluasi/Validasi

- Bagaimana keadaan ibu sekarang?

- Coba bpk/ ibu ceritakan apa yang terjadi dirumah sampai bpk/ibu dibawa kerumah sakit ini?

C. FASE KERJA

- Sekarang apa yang bpk/ibu rasakan?(tanyakan keluhan utama pasien)

- Kalau bpk /ibu mengalami masalah apa yang bpk/ibu lakukan? (tanyakan tentang mekanisme kopingnya)

- Pertanyaan dilanjutkan dengan pertanyaan yang ada didalam format pengkajian

D. FASE TERMINASI

1. Evaluasi Subjektif

“ Bagaimana perasaan ibu setelah berbincang-bincang dengan saya?

2. Evaluasi Objektif

“ Apa ibu dapat menjelaskan lagi kenapa ibu di bawa ke Rumah Sakit ini?( tantaka tentang kognitif dan psikomotor pasien)

3. Rencana Tindak Lanjut

baiklah karena waktunya sudah cukup, pertemuan kita untuk kali ini cukup sekian kalau masih ada sesuatu yang ingin bpk/ ibu sampaikan hubungi saya, saya ada diruang prwatan ?

4. Kontrak

Topik : pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang......(sesuaikan dengan masalah utama)

Waktu : pukul berapa bpk/ibu mau berbincang-bincang dengan saya?

Tempat :mau diamana kita berbincang-bincang bagaimana kalau di ruangan ini saja?

Tidak ada komentar: